Smartphone Terbaik Tahun 2013

Di tahun 2013 beragam ponsel cerdas banyak diproduksi oleh berbagai perusahaan smartphone di seluruh dunia. Bahkan di tahun ini maraknya smartphone diwarnai pula dengan munculnya platform baru seperti Firefox dan Jolla.

Namun tahun 2013 pasar smartphone masih didominasi oleh tiga platform terbesar, yakni Android, iOS dan Windows Phone. Pasar dibanjiri aneka ponsel cerdas yang memakai tiga platform ini. Manakah yang lebih baik? Situs Boy Genius Report (BGR), pada Kamis 19 Desember 2013 telah membuat laporan tahunan mengenai smartphone terbaik tahun 2013 berdasarkan ketiga platform tersebut.

Smartphone Terbaik Tahun 2013

Smartphone Android Terbaik
Untuk smartphone Android terbaik tahun 2013, BGR menjatuhkan pilihannya pada Google Nexus. Karena smartphone Android ini dinilai memiliki kelebihan di sisi harga yang murah, namun kinerja luar biasa, desain yang bagus, tampilan layarnya full HD, dan adopsi seri terbaru Android 4.4 KitKat.

Smartphone Windows Phone Terbaik
Nokia Lumia 1020 dipilih BGR sebagai smartphone berbasis Windows Phone terbaik. Ponsel andalan Nokia itu dinilai bagus dari sisi kamera. Resolusi kamera 41 Megapiksel bisa menjerat gambar dengan cahaya minim. Layar dengan teknologi AMOLED menghasilkan warna cerah. Aplikasi navigasi dan peta HERE gratis, dan offline juga masuk penilaian lebih dari ponsel ini.

Smartphone iOS Terbaik
Untuk smartphone dengan sistem operasi iOS milik Apple, tentunya ponsel terbaik jatuh pada iPhone 5S yang diluncurkan Apple di tahun ini. Kenapa demikian? Karena Apple memang selalu meluncurkan ponsel cerdas berdasarkan generasi, sehingga  ponsel terakhir biasanya yang mendapat penilaian terbaik. Kelebihan dari produk terbaru Apple itu adalah fitur keamanan berupa finger print. Kelebihan lainnya adalah baterai iPhone 5S yang dinilai lebih kuat dibanding pendahulunya.

Dari ketiganya, BGR memilih iPhone 5S sebagai smartphone terbaik tahun 2013. Alasannya yaitu aplikasi pada iOS jauh lebih baik dan lebih bagus dibanding aplikasi Android dan Windows Phone,  material kaca dan aluminium iPhone 5S mengungguli semua perangkat keras dari Android, bodinya lebih ramping dan lebih kuat dan  berdasarkan uji coba Anandtech ternyata kinerja iPhone 5S dengan prosesor dual-core 1,3 GHz dianggap mengungguli Android okta-core 2,0 GHz.

No comments:
Write komentar