7 Fungsi Tombol Windows yang Tersembunyi

Fungsi Tombol Windows - Saat kita menggunakan laptop atau PC, pada keyboard ada salah satu tombol yang jarang kita pakai, yakni tombol Windows. Kebanyakan orang mengetahui bahwa tombol tersebut hanya berfungsi untuk menampilkan menu di tombol start.

Padahal, jika dikombinasikan dengan tombol lain di keyboard, tombol Windows mempunyai beragam fungsi tersembunyi. Bahkan fungsi-fungsi tombol Windows itu bisa mempercepat pekerjaan yang sedang kita lakukan. Berikut ulasannya.

Fungsi Tombol Windows yang Tersembunyi

Fungsi Tombol Windows Pada Keyboard

1. Minimize semua jendela dalam sekejap

Dengan menekan tombol 'Windows' dan 'D' secara bersamaan, semua aplikasi akan di-minimize hingga yang muncul tinggal layar desktop utama. Fungsi ini sangat penting saat kita sedang membuka beberapa aplikasi lalu ingin menampilkan desktop utama secara cepat.

2. Kunci layar

Ketika kita akan meninggalkan meja kerja, dan tidak ingin komputer dibuka atau dibajak teman. Tekan saja 'Windows' dan 'L', seketika itu juga layar akan terkunci dan kita tidak perlu khawatir saat meninggalkannya.

3. Cari dokumen kilat

Kombinasi tombol 'Windows' dan 'E' bisa kita gunakan untuk mencari berkas di PC secara cepat. Dengan menekan kedua tombol itu bersamaan, maka kita bisa langsung mengakses PC Manager. Lalu, tinggal pilih saja folder yang dituju.

4. Zoom in/out layar

Untuk memperbesar tampilan gambar atau tulisan di layar dengan mudah, kita hanya perlu menekan 'Windows' dan '+'. Sebaliknya, untuk mengecilkan tampilan kembali, tinggal tekan 'Windows' dan '-'.

5. Keyboard virtual

Sekarang zamannya keyboard virtual. Nah, untuk mengakses fitur ini, kita hanya perlu menekan 'Windows' plus 'R', lalu ketik ‘osk’ kemudian Enter.

6. Pindah aplikasi dengan keren

Kita tidak perlu repot-repot me-minimize aplikasi atau mengarahkan kursor ke bagian toolbar untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang sudah terbuka. Tinggal tekan 'Windows' dan 'Tab', maka kita bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan lebih keren.

7. Aktifkan alat perekam

Tidak ada smartphone, laptop atau PC pun jadi untuk merekam pembicaraan atau diskusi. Hanya dengan menekan 'Windows' plus 'R', lalu mengetikkan psr.exe dalam jendela kecil yang muncul, maka menu recording pun siap tersedia.

Demikianlah beberapa Fungsi Tersembunyi Pada Tombol Windows yang tidak diketahui banyak orang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments:
Write komentar