Smartphone Pertama Jolla Sailfish OS Mulai Dijual

Jolla yang didirikan oleh para mantan karyawan Nokia, kini mulai memasarkan produk smartphone pertama mereka yang dinamakan “Jolla”. Smartphone Jolla menggunakan Sailfish OS yang berbasis dari platform MeeGo yang dikembangkan Nokia dan Intel sebelum beralih ke Windows Phone. Bahkan Nokia sempat menggunakannya pada Nokia N9, namun pengembangannya tidak dilanjutkan.

Jolla Sailfish OS

Meskipun bisa dikatakan Jolla Sailfish OS ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan beberapa platform seperti Android, iOS, Windows Phone dan sebagainya. Namun menariknya, Jolla telah memiliki peminatnya tersendiri. Maka di peluncuran perdananya, selain untuk memenuhi permintaan mereka dengan dijual melalui operator seluler DNA, smartphone Jolla juga bisa  dipesan secara online dan tersedia untuk 136 negara.

Smartphone pertama Jolla memiliki layar ukuran 4,5 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel bertipe IPS dengan lapisan Gorilla 2 Glass. Didalamnya disematkan prosesor Qualcomm 1.4 GHz dual-core, ditambah RAM 1GB dan penyimpan internal 16GB. Dilengkapi pula kamera belakang 8MP autofokus dan kamera depan 2MP.

Selain itu, smartphone Jolla Sailfish OS ini didukung jaringan GSM/3G/4G ditambah wifi 802.11b/g/n, bluetooth, HERE Maps dan Yandex.Store untuk pemasangan aplikasi Android. Harga jual Jolla dibanderol 399 Euro atau sekitar Rp 6,3 juta.

No comments:
Write komentar