Facebook Akuisisi WhatsApp Senilai US$ 19 Miliar

Facebook telah akuisisi layanan pesan mobile WhatsApp senilai US$ 19 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Pembelian WhatsApp oleh Facebook ini dinilai sebagai akuisisi terbesar bagi raksasa jejaring sosial yang pernah gagal mengakuisisi Snapchat tersebut.

Facebook Akuisisi WhatsApp

Pada kesepakatan pengambilalihan Whatshap oleh Facebook itu, pihak Facebook akan membayarnya dengan US$ 12 milyar saham Facebook dan US$ 4 miliar dalam bentuk tunai. Sedangkan US$ 3 miliar lagi diberikan kepada pendiri dan karyawan WhatsApp secara bertahap selama empat tahun dalam bentuk saham. Kesepakatan akuisisi ini dinilai lebih besar jika dibandingkan dengan kesepakatan Google ketika membeli Motorola Mobility dengan harga US$ 12,5 miliar dan Microsoft atas Skype yang bernilai US$ 8,5 miliar.

Tujuan dan Alasan Facebook Akuisisi WhatsApp


Langkah Facebook mengakuisisi WhatsApp tentu tidak lepas dari tujuan dan alasan. Dengan adanya pengambilalihan ini, kemungkinan Facebook akan memanfaatkan WhatsApp untuk membidik kembali pengguna remaja dan orang dewasa muda yang terus berkurang menggunakan layanan ini. Menurut perhitungan terakhir yang dikumpulkan Potential Reach pada Januari 2014, penurunannya mencapai 25 persen.

Alasan lain Facebook akuisisi WhatsApp, sebagaimana yang dinyatakan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg, “Misi kami adalah untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung. Kami melakukan ini dengan layanan yang membantu orang berbagi jenis konten dengan sekelompok orang yang mereka inginkan membangun. WhatsApp akan membantu kami melakukan hal ini dengan terus mengembangkan layanan yang suka digunakan setiap hari oleh orang di seluruh dunia.”

Mark mengaku memilih WhatsApp karena layanan mobile messaging itu sangat sederhana, cepat dan handal yang digunakan oleh lebih dari 450 juta orang pada setiap platform mobile utama. Lebih dari 1 juta orang mendaftar untuk WhatsApp setiap hari dan itu adalah perjalanan untuk menghubungkan satu miliar orang. Semakin banyak orang mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan semua kontak mereka setiap hari.

Setelah Facebook akuisisi WhatsApp, terobosan apa yang bisa dan akan dilakukan oleh keduanya dalam melayani para pengguna mereka.

No comments:
Write komentar