Cara Lain Agar Baterai HP Tahan Lama

Para pengguna handphone tentu menginginkan baterai ponsel mereka memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Ada beberapa Handphone yang Memiliki Baterai Tahan Lama dengan kapasitas baterai yang besar, hampir setara  dengan dengan kapasitas baterai laptop ataupun tablet .

Baterai handphone yang tahan lama dan berkapasitas besar tentu akan memperpanjang standby time dari ponsel tersebut. Selain itu, akan ada banyak aplikasi yang dapat berjalan dengan mengandalkan baterai yang besar. Hal ini tentu akan mempermudah pengguna dalam menjalankan berbagai aktifitas menggunakan ponsel kesayangannya.

Cara Agar Baterai HP Awet

Walau sebelumnya telah dipaparkan mengenai Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Awet, untuk kali ini ada beberapa trik atau cara lain agar baterai handphone tahan lama. Silahkan disimak.

Memasukkan Baterai ke Freezer
Terlebih dahulu pastikan baterai ponsel dalam keadaan hampir habis. Kemudian masukkan baterai ponsel ke dalam plastik lalu simpan di dalam freezer semalaman.

Setelah didiamkan selama beberapa jam di dalam freezer, ambil dan biarkan dulu beberapa saat kembali ke temperatur ruangan, kemudian charge baterai tersebut tanpa menyalakan handphone.

Cara ini akan me-refresh baterai ponsel supaya seperti baru lagi, sehingga baterai akan tetap awet.

Aplikasi Penghemat Baterai
Gunakan aplikasi penghemat baterai yang akurat dan direkomendasi oleh Google. Dengan begitu baterai dan juga aplikasi yang berjalan di ponsel pasti akan semakin efisien. Aplikasi ini akan menambah waktu hidup baterai handphone sedikit lebih lama.

Lakukan Root
Cara ini sangat efektif untuk menghemat baterai ponsel yang berpengaruh sekali pada keawetan baterai itu sendiri. Dikarenakan banyak aplikasi bawaan ponsel yang cenderung tidak terpakai dan tidak dapat di uninstal serta banyak memakan resource baterai ponsel.

Dengan rooting, aplikasi tersebut dapat dicopot sehingga bisa menghemat baterai juga memberikan ruang memori yang lebih besar. Namun perlu diketahui, cara ini dapat menggugurkan garansi ponsel.

Uninstall atau Disable Aplikasi yang Jarang Dipakai
Jangan menginstal aplikasi terlalu banyak yang dapat memboroskan baterai ponsel, seperti yang telah disebutkan dalam Aplikasi Penguras Daya Baterai Smartphone.

Beberapa ponsel memang tidak memperbolehkan kita untuk mencopot aplikasi tertentu. Namun hal ini dapat diantisipasi dengan melakukan rooting ponsel, atau dengan men-disable aplikasi tersebut.

Jangan Mengekspos Ponsel di Tempat yang Panas
Kebiasaan meninggalkan ponsel di dashboard mobil ketika terik matahari tengah menyengat akan memperpendek usia baterai ponsel Anda. Hal ini dikarenakan oleh suhu baterai ponsel yang meningkat.
Hindari juga aplikasi yang cepat membuat baterai ponsel panas. Jika mengalami baterai ponsel mulai menghangat, segera matikan layar ponsel dan tunggulah beberapa menit hingga ponsel mulai dingin kembali.

Jangan Melakukan Charging Terlalu Lama
Charging baterai ponsel terlalu lama akan mempercepat kerusakan pada baterai ponsel. Hal ini dikarenakan oleh kapasitas baterai ponsel yang terlalu penuh.

Meskipun charger ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan IC untuk menjaga supaya tidak terjadi over-charge, namun hal ini tidak baik jika dilakukan terus menerus dan akan merusak IC power ponsel itu sendiri. Jadi, segera lepas kabel charger ketika indikator baterai sudah menunjukkan 100 persen.

Charge Secara Rutin Baterai Ponsel
Selalu isi baterai ponsel Anda hingga mencapai kapasitas maksimalnya (100 persen). Hal ini akan menambah keawetan baterai handphone. Jangan lakukan charging secara singkat hanya untuk menambah presentase indikator baterai, atau terlalu lama.

Gunakan Charger dan Kabel Charger Original
Setiap ponsel memiliki kapasitas baterai dan output charger yang berbeda-beda. Maka selalu gunakan charger original dalam men-charge ponsel. Charger dan kabel charger yang original atau bawaan ponsel sudah disesuaikan dengan kapasitas baterai, sehingga arus listrik yang masuk ke ponsel akan selalu terjaga dan kemungkinan merusak akan semakin kecil.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas dan kapasitas baterai handphone tetap dalam kondisi prima, awet serta tahan lama.

No comments:
Write komentar