Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Awet

Daya dukung baterai untuk sebuah smartphone merupakan salah satu hal penting, seperti halnya telah diungkapkan pada Spesifikasi Baterai iPhone 5S dan iPhone 5C. Sebab, dengan daya dukung baterai yang optimal para pengguna smartphone akan lebih leluasa dalam berkomunikasi dan memperbarui statusnya di jejaring sosial, bermain game ataupun sekadar menonton video serta mendengarkan lagu.

Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Awet

Supaya baterai smartphone tetap awet, berikut ini beberapa tips untuk menjaga daya tahan baterai smartphone yang dikutip dari Techradar.

Jangan biarkan smartphone Anda terlalu panas
Ponsel pintar bisa menjadi panas oleh beberapa faktor, karena itu :
  • Jangan menjalankan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan, hentikan aplikasi yang sedang tidak dijalankan atau yang terlihat menghabiskan baterai.
  • Hindari meletakkan ponsel di tempat yang terpapar sinar matahari atau sumber panas secara langsung. Sebab, suhu ekstrim dapat memicu kebakaran dari elektrolit dalam baterai.

Matikan getaran (vibrate)
Getaran pada ponsel dipicu dari motor kecil yang berputar dalam kecepatan tinggi untuk mengubah energi listrik menjadi energi kinetic pada perangkat. Meskipun dioperasikan untuk waktu yang singkat, tetapi lonjakan arus pendek yang tercipta itu rupanya memakan energi tingkat berkelanjutan yang lebih banyak sehingga dapat menguras tenaga baterai.

Turunkan tingkat kecerahan pada layar
Semakin terang pencahayaan pada layar ponsel, maka semakin agresif pemakaian energi baterai di dalamnya. Pencahayaan yang terang pada layar akan membutuhkan energi listrik lebih banyak untuk diubah ke energi cahaya.

Jangan aktifkan ikon WiFi jika tidak diperlukan
Ikon WiFi yang terus menyala dengan tanpa ketersediaan sambungan nirkabel di sekitar, maka dapat dipastikan akan menguras baterai secara signifikan. Ini pun berlaku juga untuk Bluetooth, GPS, dan paket data 3G/4G. Jadi, lebih baik fitur-fitur yang kurang diperlukan dimatikan saja.

Senantiasa periksa apa yang memakan daya baterai Anda
Setiap aplikasi, proses sistem atau layanan Google berpotensi dapat menguras baterai ponsel Anda. Maka, jangan bosan untuk menghapus aplikasi yang sedang tidak dijalankan pada ‘Task Manager’.

Aktifkan ‘Battery Saving Mode’
Saat ini sudah banyak smartphone yang dibekali dengan modus hemat baterai, seperti misalnya ‘Stamina Mode’ pada Sony Xperia untuk memeriksa dan memberitahu pemberhentian sinkronisasi saat layar dalam keadaan mati.

Charge smartphone secara efisien
Pengisian baterai ponsel harus tepat dan efisien. Untuk memaksimalkan kegunaan baterai smartphone, maka jangan biarkan charge sampai di bawah 20 persen. Kemudian pada saat sudah penuh (100 persen) sebaiknya langsung dicabut charger-nya, agar menghindari masalah serius yang bisa berakibat fatal.

Jangan gunakan wallpaper atau theme bergerak
Gerakan dari wallpaper hidup akan memancing prosesor grafis pada smartphone untuk bekerja ekstra. Untuk meminimalisir gerakan, silahkan pergi ke Setting > General > Accessibility > pindahkan Reduce Motion ke ON.

Demikian beberapa Tips Agar Baterai Smartphone Awet, semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar