Intel Compute Stick dan Chromebit, Komputer Sebesar Flashdisk

Komputer mini sebesar USB Flashdisk sekarang ini banyak bermunculan. Diantara komputer berukuran mungil adalah Compute Stick besutan Intel dan Chromebit  keluaran Google yang sama-sama dirilis pada tahun 2015 ini.

Meskipun berukuran kecil, komputer super mini tersebut memiliki performa yang tangguh. Keduanya dibekali dengan teknologi canggih dan bisa "menyulap" TV atau monitor apapun yang memiliki sambungan HDMI menjadi komputer.

Intel Compute Stick


Compute Stick buatan Intel ini menggunakan sistem operasi Windows 8.1, dan dilengkapi dengan prosesor quad-core Intel Atom, memori RAM 2 GB, penyimpanan internal 32 GB dengan fitur WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 untuk koneksi mouse dan keyboard, serta slot microSD.

Intel Compute Stick

Intel Compute Stick akan mulai dipasarkan dan dijual di Indonesia sekitar bulan Juni kisaran harga di bawah Rp 2 juta (atau Rp 1 jutaan). Selain itu, pihak Intel juga akan menyertakan garansi full replacement selama satu tahun. Jika kompter mini tersebut rusak nanti bisa diganti.

Google Chromebit


Google Chromebit sebuah komputer mini yang diproduksi oleh Asus dengan menjalankan sistem operasi Chrome OS dan ditenagai prosesor Rockchip, RAM 2GB, serta media internal 16 GB.

Google Chromebit

Kelengkapan lainnya yang turut disematkan pada Chromebit adalah Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.0, dan port USB 2.0.

Komputer mungil seukuran flashdisk ini rencananya akan dibanderol dengan harga kurang dari 100 dollar AS dan akan mulai dijual sekitar pertengahan 2015 nanti.

No comments:
Write komentar