Tips Membeli Smartphone Bekas

Tips Membeli Smartphone Bekas. Dengan meningkatnya produksi smartphone yang begitu cepat dari para produsen, salah satu dampak yang terjadi adalah bertambahnya pengguna gadget yang menjual smartphone bekas mereka ke teman-teman dan pengguna lain.

Tips Membeli Smartphone Bekas

Smartphone atau hp bekas juga dijual di beberapa situs jual beli hp seperti ArenaPonsel, BukaLapak, dan sebagainya yang sering dijadikan tempat oleh pengguna untuk menjual perangkat mereka. Namun jika Anda mau membeli smartphone bekas langsung dari pengguna pertamanya, maka mungkin Anda bisa mengajak penjual ponsel tersebut untuk bertemu di lokasi umum, dan memeriksa beberapa hal pada perangkat yang Anda ingin beli itu. Ada beberapa beberapa tips dan trik yang perlu dilakukan, seperti berikut ini.

Perlu Diperhatikan Saat Membeli Smartphone Second


Kondisi Fisik
Hal paling awal yang mungkin Anda perlu perhatikan ketika membeli smartphone bekas pakai adalah kondisi fisiknya. Pastikan Anda memeriksa bagian tepi kerangka untuk melihat setiap cacat, dan tidak ketinggalan adalah goresan pada layar dan juga kerangka belakang. Jika ia memiliki beberapa ruang penutup (seperti pada Galaxy S5, Xperia Z1 dan sebagainya), pastikan ia masih dalam kondisi baik dan tidak hampir terputus.

Periksa Kerusakan Karena Air 
Jika kondisi fisik perangkat dalam kondisi yang baik, maka hal berikutnya yang harus Anda periksa adalah apakah perangkat tersebut pernah mengalami kerusakan karena air atau tidak.

Untuk memeriksa hal ini, ada beberapa ruang yang dapat diamati. Jika Anda menggunakan perangkat dengan desain kerangka tidak dapat dilepas, Anda dapat memeriksa pada bagian mikro-USB dan juga ruang kartu-SIM. Seringkali ada sebuah stiker berwarna putih. Jika perangkat tersebut pernah mengalami kerusakan karena air, maka ia mungkin akan berubah warna, seperti jadi merah misalnya.

Memeriksa Kerusakan Karena Air Pada Smartphone

Untuk perangkat dengan kerangka yang dapat dilepas, Anda juga dapat memeriksa ruang baterai, dimana biasanya sebuah stiker berwarna putih juga terdapat pada bagian tersebut.

Terkadang perangkat yang pernah mengalami kerusakan karena air akan berfungsi seperti biasa. Tetapi mungkin akan membawa kerusakan pada masa jangka panjang, mungkin karena karat dan sebagainya. Maka, hal ini adalah salah satu yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membeli perangkat bekas.

Periksa Semua Port
Smartphone sering hadir dengan beberapa port utama, yaitu mikro-USB untuk pengisian dan juga ruang untuk audio. Anda mungkin harus membawa earphone dan juga Power Bank untuk memeriksa pengisian dan juga dukungan audio ketika earphone disambungkan.

Fungsi Eject dan Spring Mikro-SD atau Mikro-SIM

Disamping itu, Anda juga harus memeriksa ruang mikro-SD dan juga mikro-SIM. Jika perangkat tersebut menggunakan fungsi eject, menggunakan spring, maka pastikan itu bekerja.

Periksa Penggunaan Telephony
Setelah memasukkan kartu-SIM, mungkin Anda dapat membuat panggilan percobaan, dan memeriksa dukungan panggilan, disamping audio ketika membuat panggilan. Hal sama juga dapat dilakukan untuk SMS dan juga internet dan WiFi.

Periksa Sensor 
Untuk memeriksa beberapa sensor lain pada perangkat tersebut, bisa dikatakan agak sulit untuk melakukannya satu demi satu. Kebiasaan, untuk melakukan hal tersebut, ada fungsi revisi sensor yang disertakan pada perangkat tersebut, tetapi tersembunyi.

Misalnya, untuk smartphone Samsung, Anda dapat mengaktifkan pengujian sensor ini dengan menekan # 0 #. Sementara untuk Blackberry ada fungsi Blackberry Virtual Expert.

Blackberry Virtual Expert

Melalui tes tersebut, selain memeriksa berbagai jenis sensor, pengguna dapat turut melihat setiap titik mati pada layar.

Hal yang perlu Anda turut diperhatikan ketika membeli smartphone second adalah memastikan smartphone yang Anda beli adalah versi asli bukan tiruan dan penawaran harga smartphone tersebut. Jika Anda membeli smartphone iPhone atau iPad, pastikan perangkat tersebut tidak lagi terhubung dengan akun iCloud pemilik asli.

Itulah beberapa Tips Membeli Smartphone Second atau Bekas yang mungkin bisa Anda jadikan panduan. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar