Apple Akuisisi Penganalisis Twitter Topsy

Produsen iPhone dan iPad, Apple baru saja melakukan langkah akuisisi sebuah perusahaan analisis Twitter, Topsy. Pembelian Topsy oleh Apple dikabarkan mencapai harga USD200 juta.

Apple Beli Topsy

Dengan mengakuisisi Topsy, maka Apple bisa mengetahui informasi tentang tren di bidang musik, film serta TV show yang tengah terjadi di Twitter. Karena, Topsy merupakan salah satu perusahaan penganalisaan Twitter populer yang melakukan analisis sebanyak 500 juta tweet setiap harinya, memiliki data hingga tahun 2006 yang lalu. Juga sering digunakan untuk melihat tren terkini atau tren mengenai fenomena tertentu, mendapatkan data mengenai suatu hashtag, kata kunci dan sebagainya.

Analis industri Altimeter Group, Susan Etlinger mengatakan bahwa hasil analisis Topsy bisa secara langsung dinikmati oleh Apple. Mereka dapat menggunakan informasi yang dikumpulkan Topsy dan mengaplikasikannya di iTunes, merekomendasikan musik, film serta TV show yang saat ini sedang ngetren.

Selain itu, Apple juga bisa menggunakan Topsy untuk mengetahui respon masyarakat di dunia Twitter tentang iklan yang berjalan di iAd. iAd merupakan platform yang digunakan oleh Apple untuk menjual iklan pada aplikasi mobile di iPhone ataupun iPad.

Meskipun Topsy telah diakuisisi oleh Apple, namun saat ini layanan tersebut masih bisa diakses seperti biasa.

No comments:
Write komentar