Facebook Home Untuk Android Resmi Diperkenalkan

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa Facebook akan memperkenalkan launcher untuk Android, dan akhirnya hari ini Facebook pun secara resmi memperkenalkan Facebook Home untuk Android.

Facebook Home
Sumber : Engadget.com

Facebook Home adalah sebuah aplikasi yang sedikit berbeda dibandingkan aplikasi smartphone lainnya karena berjalan di atas sistem operasi tetapi berada di bawah aplikasi lainnya. Beberapa fitur disertakan pada Facebook Home, seperti Cover Feed, Notifikasi, Chat Heads dan yang lainnya.

Facebook Home
Sumber : Engadget.com

Cover Feed merupakan layar utama pada Facebook Home, dimana akan mengubah Homescreen dan Lockscreen Android dengan sebuah tampilan baru. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengikuti berbagai update terakhir dari kehidupan sosialnya tanpa perlu membuka aplikasi Facebook atau bahkan membuka lock ponsel. Di saat yang sama pengguna pun bisa meninggalkan komentar atau "Like" suatu gambar dengan mudah.

Facebook Home
Sumber : Engadget.com

Jika pengguna ingin mengakses aplikasi lain di smartphone Android miliknya, cukup sapukan jari dari gambar foto pengguna di bagian bawah Cover Feed, dan semua aplikasi pun bisa diakses dari launcher Android seperti biasa. Selagi pengguna membuka folder aplikasi, Facebook Home (dengan tampilan Cover Feed) akan tetap berjalan di latar belakang layar.

Facebook Home
Sumber : Engadget.com

Notifikasi adalah fitur yang menampilkan foto teman yang mengirim pesan Facebook Chat pada pengguna yang akan tampil dibagian atas layar, bahkan ketika pengguna sedang berada di dalam aplikasi lain.

Chat Heads adalah fitur untuk menanggapi pesan yang memungkinkan pengguna mengikuti dan membalasnya hanya dengan menyentuh foto teman tersebut dan membuka interface chatting.

Facebook Home
Sumber : Engadget.com

Facebook Home akan mulai tersedia melalui Google Play Store pada 12 April mendatang. Untuk permulaan, aplikasi ini hanya bisa digunakan di beberapa tipe smartphone tertentu saja, yaitu HTC One X, HTC One X+, Samsung Galaxy S3, dan Samsung Galaxy Note 2.

Dukungan untuk smartphone lain seperti HTC One dan Galaxy S4 berikut perangkat tablet akan ditambahkan di masa depan. Adapun produsen perangkat Android yang sudah menjalin kerjasama dengan Facebook untuk menyediakan Facebook Home adalah HTC, Samsung, dan Sony.

Facebook Home
Sumber : TheVerge.com

Berikut ini video Facebook Home dan cara menggunakan fitur Cover Feed, Notifikasi dan Chat Heads
 



No comments:
Write komentar