Aplikasi Pemantau Pemilu MataMassa Diluncurkan

MataMassa, sebuah aplikasi pemantau pemilihan umum (pemilu) 2014 berbasis telepon genggam telah diluncurkan pada Minggu 24 November 2013 oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan ICT Laboratory for Social Changes (iLab) dan didukung oleh Southeast Asia Technology and Transparency Initiative (SEATTI).  Aplikasi MataMassa dikembangkan untuk memantau pemilu anggota legislatif dan Presiden 2014 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

MataMassa Aplikasi Pemantau Pemilu

Bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), AJI Jakarta memastikan seluruh laporan masyarakat yang masuk akan disampaikan kepada regulator pemilu untuk ditindaklanjuti.

Dengan mengunduh aplikasi MataMassa, masyarakat dapat melaporkan temuan atau hasil pemantauannya melalui telepon genggam. Laporan dapat berupa teks, foto, atau video. Adapun bentuk pemantauan yang dapat dilaporkan mencakup semua proses pemilu, seperti politik uang, pengadaan logistik, penentuan daftar pemilih tetap, aturan main kampanye, hingga pada saat hari pemilihan.

Aplikasi MataMassa dapat diunduh lewat telepon genggam berbasis iOS (iPhone), Android dan sistem Short Message Service (SMS) Gateway dengan nomor pengaduan 0813-7020-2014. Setelah peluncuran, aplikasi ini akan diperluas untuk para pengguna BlackBerry dan Windows Phone.

Bagi yang menggunakan sistem SMS Gateway, dapat melaporkan hasil temuannya dengan format Lapor-Isi Laporan-Alamat Laporan. Tarif SMS yang berlaku adalah tarif reguler. Pelapor akan mendapatkan balasan dari MataMassa sesaat setelah mengirimkan SMS laporannya, apakah laporan sudah benar formatnya atau belum. Jika laporan sudah benar, maka balasan SMS akan berisi pemberitahuan bahwa tim verifikator segera melakukan verifikasi laporan tersebut.

Selanjutnya, setelah tim verifikator melakukan proses verifikasi maka hasil laporan tersebut akan diunggah ke situs MataMassa.org, sehingga seluruh masyarakat dapat mengetahui pelanggaran pemilu yang terjadi di Jabodetabek.

AJI Jakarta dan iLab mengharapkan seluruh elemen masyarakat turut berpartisipasi menggunakan aplikasi MataMassa dan bersama-sama memantau proses pemilu, sehingga mendapatkan pemilu yang transparan dan hasil pemilu yang berkualitas.

No comments:
Write komentar