Google Luncurkan Android One

Google hari ini resmi meluncurkan Android One dengan harga relatif murah. Peluncuran sejumlah smartphone Android One perdana ini dilaksanakan di India. Perangkat-perangkat ini dibuat oleh vendor asal India, yakni Micromax, Karbonn Mobiles, dan Spice. Jajaran smartphone Android One pertama tersebut diantaranya adalah Micromax Canvas A1, Karbonn Sparkle V, dan Spice Dream Uno. Semuanya dibanderol pada rentang harga Rs 6.000 - Rs 7.000, atau sekitar Rp 1,1 jutaan - Rp 1,3 jutaan.

Android One

Android One merupakan perangkat kelas entry-level yang menawarkan pengalaman (hampir) stock Android. Spesifikasinya memenuhi persyaratan minimum yang telah diatur khusus oleh Google. Android One memiliki bentang layar 4,5 inci 845 x 480 piksel yang dibekali oleh prosesor MediaTek quad-core 1,3 gigahertz. Ukuran RAM-nya yaitu sebesar 1 gigabita.

Kamera utamanya beresolusi 5 megapiksel, sedangkan kamera depannya 2 megapiksel. Fitur lain yang diunggulkan adalah dobel kartu SIM, microSD, dan FM Radio. Semua smartphone Android One akan menjalankan Android 4.4.4 KitKat out of box.

Keistimewaan lain yang dapat dirasakan oleh pengguna India adalah kemudahan akses terhadap Android terbaru, yaitu Android L. Ponsel yang dibeli dari carrier Airtel dapat mengunduh Android L, memperoleh gratis data 200 megabita per bulan, dan mengunduh aplikasi secara gratis di Google Play Store. Alasan Google cukup mengistimewakan pengguna India karena negara ini merupakan pasar terbesar kedua Android secara global setelah Cina.

Selain ketiga vendor asal India, akan ada vendor lain yang ikut di program Android One. Beberapa diantaranya ialah Acer, Alcatel, Asus, HTC, Lava, Lenovo, Panasonic, Intex, dan Xolo. Selain itu, produsen chipse Qualcomm diumumkan bergabung dalam program ini untuk kontribusinya di handset Android One mendatang.

Negara lain yang juga termasuk dalam target pemasaran program Android One adalah Indonesia, Filipina, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, dan Nepal. Kehadirannya di pasar negara-negara tersebut akan menyusul hingga akhir 2014.

No comments:
Write komentar