Penggunaan Teknologi Canggih di Piala Dunia 2014

Teknologi Canggih Piala Dunia 2014. Saat ini dunia sepakbola tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi terutama di saat pertandingan berlangsung. Dukungan teknologi canggih terkini juga diterapkan di kompetisi sepakbola terbesar Piala Dunia FIFA 2014 Brasil yang sekarang sedang menjadi pusat perhatian para penggemar sepakbola di seluruh dunia.

Penggunaan teknologi canggih di Piala Dunia 2014 sebetulnya bukanlah yang pertama kali, namun sudah lama diterapkan. Seperti Piala Dunia 1970 di Meksiko merupakan Piala Dunia yang pertama kali disiarkan seluruhnya secara berwarna. Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang yang pertama menggunakan stadion tertutup yaitu Stadion Sapporo. Di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan juga untuk pertama kalinya Piala Dunia disiarkan pada resolusi HD. Lalu, bagaimana dengan Piala Dunia 2014 di Brasil? Teknologi canggih apa saja yang diterapkan?

Teknologi Canggih Piala Dunia 2014


Siaran Dalam Resolusi 4K

Siaran 4K adalah format terbaru yang akan menggantikan format HD sekarang. Untuk saat ini tidak ada satupun negara di dunia yang mampu memancarkan siaran langsung Piala Dunia pada resolusi 4K secara komersial. Hanya pihak BBC melakukan tes siaran 4K Piala Dunia 2014 pada pengguna terpilih di Inggris.

Siaran Piala Dunia 2014 Resolusi 4K

Kendati demikian pihak Sony bekerja sama dengan FIFA akan menyiarkan tiga pertandingan terpilih Piala Dunia 2014 Brasil dengan resolusi 4K ini. Salah satu pertandingan yang akan ditayangkan pada resolusi 4K adalah laga final di Stadion Maracana, tempat dimana Argentina mengalahkan Bosnia Herzegovina.

GoalControl (Teknologi Garis Gawang)

Teknologi GoalControl  atau teknologi garis gawang untuk pertama kalinya digunakan pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2014 antara Brasil vs Kroasia, Jumat, 13 Juni 2014. Teknologi ini dijuluki GoalControl-4D dan dikembangkan oleh startup asal Jerman bernama GoalControl.

GoalControl Piala Dunia 2014

GoalControl bekerja dengan menggunakan 14 kamera berkecepatan tinggi yang ditempatkan di sekitar lapangan. Sistem empat dimensi tersebut hanya membutuhkan waktu satu detik setelah bola melewati garis gawang untuk mengirim sinyal berupa getaran dan peringatan visual pada jam tangan kepada setiap offisial pertandingan.

Siaran Langsung Di Dalam Pesawat

Untuk pertama kalinya juga di dalam sejarah, semua 64 pertandingan di Piala Dunia 2014 Brasil dapat ditonton secara langsung bahkan ketika berada di dalam pesawat sekalipun. Saluran Sports24 mengumumkan bahwa ada 9 perusahaan penerbangan yang bekerja sama dengan mereka untuk menyiarkan semua pertandingan secara langsung pada pesawat terpilih.

Siaran Langsung Piala Dunia 2014 di Pesawat

Perusahaan penerbangan yang memberikan layanan ini diantaranya adalah Emirates, Lufthansa, Etihad dan Turkish Airline. Khusus untuk Etihad siaran langsung pertandingan Piala Dunia 2014 dapat dinikmati di dalam pesawat Boeing 777 milik mereka untuk seluruh penumpang baik kelas pertama, bisnis ataupun ekonomi.

Penggunaan Teknologi Canggih di Piala Dunia 2014 akan terus diterapkan pada Piala Dunia selanjutnya dan juga kemungkinan pada pertandingan-pertandingan liga sepakbola di seluruh dunia. Bahkan bisa jadi akan ada lagi teknologi canggih lain yang digunakan sesuai dengan perkembangan teknologi itu sendiri.

No comments:
Write komentar